Langsung ke konten

WhatsApp: 0896-5900-3800

Selalu ada yang baru di Megah Sports!

Keranjang
0 item

Informasi

7 Tips Saat Mengajak Anak Hunting untuk Pertama Kali

7 Tips Saat Mengajak Anak Hunting untuk Pertama Kali

Hai Bedilers!

Pernah gak sih kepikiran buat ngajarin anak kalian hunting sejak dini? Melakukan aktifitas outdoor sangat baik lho, buat perkembangan anak-anak. Bahkan, ada beberapa manfaat mengajari anak berburu, diantaranya:

● Melatih Keberanian dan Kepercayaan Diri

Mengajak anak melakukan aktivitas luar rumah yang tidak monoton tentunya bakal memberikan efek positif seperti meningkatnya keberanian dan rasa percaya diri. Berburu atau latihan menembak merupakan salah satunya. Saat berburu, diperlukan ketelitian, kesabaran, kecerdikan, dan berbagai soft skill lainnya. Makanya bermanfaat banget lho, kalo kita sebagai orang tua ngajak buah hati kita pergi berburu.

● Sarana Family Time

Semakin besar, anak punya lebih banyak aktivitas baik di sekolah maupun di luar. Jadinya, waktu bersama keluarga akan semakin berkurang. Berburu bisa jadi sarana buat family time bareng anak. Kalian bakal punya waktu yang berkualitas saat mencoba hunting bersama. Walau nggak langsung dapat hasil buruan saat itu juga, setidaknya anak-anak bisa menikmati waktu senggang bareng orang tua.

● Menambah Pengalaman Hidup

Selain seru, kegiatan berburu juga bisa menambah wawasan dan pengalaman masa kanak-kanak. Bahkan, bisa aja berburu jadi hobi atau keahlian mereka di kemudian hari.

● Mengajarkan Tentang Konservasi

Saat kalian mulai ngajarin anak-anak tentang alam dan satwa liar, mereka akan tertarik dan ingin belajar lebih banyak. Selain mengenalkan cara berburu, tentunya wajib bagi kita sebagai orang tua buat memberikan pemahaman tentang konservasi (seperti: tidak boleh memburu satwa yang dilindungi, atau tidak boleh memburu anak hewan). Disamping itu, kita juga bisa memberikan pemahaman sederhana tentang one shot one kill (menembak hewan di titik vital agar tidak menyiksa hewan buruan) dan bagaimana cara mengolah hewan buruan

Tapi, sebelum Bedilers memutuskan untuk mengajak anak-anak berburu pertama kalinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini 6 tips yang bisa diterapkan saat membawa anak hunting:

1.  Ajarkan Anak tentang Senapan dan Keamanan Berburu

Mengajarkan cara membidik dan menembak tentunya akan lebih mudah dan lebih baik kalau diajarkan sebelum pertama kali pergi berburu. Kalian bisa mulai memperkenalkan apa itu senapan angin dan bagian-bagiannya, bagaimana cara membidik dan menekan trigger. Selain itu, kenalkan juga anak pada perlengkapan hunting dan cara-cara yang aman buat berburu. Tekankan bahwa keamanan kalian lebih penting daripada hasil atau pencapaian berburu.

Selain itu, etika berburu  juga perlu dijelaskan sebelum kalian mulai hunting. Mengajarkan hal-hal ini ke anak, jangan kalian kira boring lho, Sobat Bedilers! Hal ini juga bisa menjadi ajang bonding kalian sama si kecil.

2. Diskusikan Hal-hal yang Akan Dihadapi

Anak-anak perlu “briefing” sebelum melakukan sesuatu yang baru supaya tidak kaget dan mempengaruhi mood mereka. Beritahu hal-hal yang ada di sekitar tempat hunting sebelum memutuskan untuk mengajak anak berburu. Contohnya, jangan panik ketika melihat buruan.

3. Gunakan Pakaian yang Sesuai

Saat berburu, pakaian juga penting banget buat menunjang kenyamanan dalam menembak, apalagi buat anak-anak. Pastikan mereka memakai baju yang nyaman namun bahan dan warna atau motif nya tetap cocok buat hunting di alam. Bedilers bisa mencari perlengkapan dan aksesoris berburu di toko senapan terdekat.

4. Kesadaran akan Situasi Sekitar

Tips selanjutnya yaitu wajib selalu waspada akan keadaan di sekitar, apalagi ketika melibatkan anak dilibatkan dalam proses membidik. Bedilers harus selalu mengingatkan anak bahwa keamanan lebih utama daripada bidikan yang meleset atau target yang bergerak. Jangan sampai membahayakan diri sendiri atau orang lain hanya karena terlalu mengejar bidikan.

5. Hindari Penggunaan HP

Penggunaan handphone saat berburu sebaiknya dihindari karena bisa mengganggu fokus. Kalau ingin mengambil foto atau video, bisa dilakukan sebelum mulai hunting. Hal ini juga berlaku kalau Bedilers mau mengajak anak berburu. Jelaskan dulu pada mereka bahwa tidak dianjurkan menggunakan handphone selama berada di tempat berburu. Ini juga berguna buat mengurangi tantrum saat anak berada di luar.

6. Buat Set Perlengkapan Khusus untuk Anak

Anak-anak seringkali gampang bosan dan lapar. Jadi, jangan lupa buat membawa perbekalan khusus anak. Selain itu, sediakan juga obat pribadi dan kotak P3K buat berjaga-jaga kalau anak luka atau cedera ringan selama berada di area hunting.

7. Perhatikan Kenyamanan Anak

Ingatlah untuk selalu memperhatikan kenyamanan anak selama berkegiatan outdoor, termasuk saat berburu. Pastikan kalian tidak bergerak terlalu cepat dan membuat anak kewalahan. Kalau anak sudah mulai tak nyaman, jangan paksakan untuk lanjut beraktivitas. Lanjutkan proses berburu setelah istirahat, atau di lain waktu. Keamanan dan kenyamanan anak harus lebih diutamakan daripada pencapaian berburu.

 

Gimana Bedillers, sudah mantap buat ngajak anak ikut berburu? Yuk, jadikan pengalaman hunting pertama mereka lebih menyenangkan dengan mengikuti tips-tips di atas. Semoga bermanfaat!

Terima kasih sudah berlangganan

Rubah opsi
Back In Stock Notification
Syarat & Ketentuan
Syarat & Ketentuan Untuk melakukan pemesanan dan pembelian di website, pengguna harus berusia lebih dari delapan belas (18) tahun. Jika Pengguna berusia di bawah delapan belas (18) tahun, Pengguna dapat melakukan pemesanan hanya dengan persetujuan orangtua atau wali Pengguna yang sah. Dengan membuat akun di website ini, Pengguna sudah menyetujui dan dapat membuktikan bahwa Pengguna telah mendapat persetujuan dari orangtua atau wali Pengguna yang sah sebagai bukti jika dibutuhkan kemudian hari. Kami tidak bertanggung jawab untuk segala kendala dan masalah yang ada di kemudian hari jika Pengguna tidak dapat membuktikan persetujuan dari orangtua atau wali Pengguna yang sah saat mendaftarkan diri di Website ini. Persyaratan Penjualan 1. Pengguna wajib memberikan data diri secara lengkap dan sebenar-benarnya, serta bertanggung jawab penuh terhadap data diri yang digunakan saat bertransaksi di Website. 2. Pengguna wajib membaca, memahami, serta mengikuti prosedur pemesanan seperti yang tertera di page “Cara Pemesanan”. 3. Toko online kami beroperasi setiap hari Senin - Sabtu dari jam 09:30 s/d 18:00 wib. 4. Kami tidak dapat melakukan pengiriman di Hari Minggu / Hari Libur 5. Mohon cek dahulu ketersediaan barang/spesifikasi detail barang melalui Live Chat yang tersedia di website megah.co.id. 6. Harap konfirmasi stok / warna / ukuran yang anda inginkan terlebih dahulu untuk memastikan anda mendapat barang yang sesuai dengan spesifikasi anda. 7. Jika tidak ada catatan maupun keterangan apapun pada order, maka kami akan kirimkan barang sesuai dengan inventory yang ada. 8. Untuk pembelian langsung (COD) bisa langsung datang ke toko fisik kami di Jl. Jendral Ahmad Yani No.142, Bandung. Kebijakan Pengembalian Produk Kepada pelanggan yang kami hormati, kami ingin menjelaskan mengenai kebijakan pengembalian produk di toko kami. Barang yang diterima tidak sesuai dengan yang anda pesan. Kami ucapkan maaf terlebih dahulu jika barang yang anda terima tidak sesuai dengan pesanan anda. Mohon segera hubungi kami melalui Live Chat di website megah.co.id maupun melalui WhatsApp ke nomor 0898-2700-700. Anda tidak perlu khawatir mengenai ongkos kirim, karena seluruh biaya pengiriman penukaran (pengiriman dari anda ke toko kami + pengiriman kembali dari toko kami ke alamat anda) akan ditanggung oleh pihak kami. Barang / paket rusak selama proses pengiriman Kami akan berusaha untuk selalu mengemas barang pesanan anda dengan sebaik mungkin. Namun, kerusakan yang terjadi pada saat pengiriman adalah di luar tanggung jawab kami. Jika paket (dan isinya) yang anda terima penyok, rusak, basah, dll maupun hilang selama di perjalanan, mohon memberikan keluhan kepada pihak ekspedisi ybs. Kami sangat menyarankan untuk melakukan pengiriman menggunakan asuransi, terutama untuk produk bernilai tinggi. Jika terjadi barang rusak selama pengiriman, mohon untuk memberikan keluhan dan mengajukan klaim asuransi ke pihak ekspedisi ybs. Permasalahan lainnya selama proses pengiriman Paket yang dikembalikan kepada kami oleh pihak ekspedisi dikarenakan saat pengantaran alamat anda tidak ditemukan / rumah kosong, tidak dapat mengajukan pengembalian dana. Barang tersebut hanya dapat dikirim ulang ke alamat yang benar (ongkos pengiriman ulang ditanggung pembeli). Paket mulus, namun barang yang diterima tidak berfungsi sebagaimana mestinya Demi kepuasan pelanggan, kami selalu melakukan QC (Quality Control) dan melakukan cek barang pesanan anda satu per satu. Namun, tidak dipungkiri mungkin ada barang yang terlewat untuk di cek dari ratusan barang yang kami kirim setiap harinya. Jika anda menerima paket dengan kondisi mulus (dus tidak penyok, basah, dll), namun produk tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka kami dengan senang hati akan menerima retur / pengembalian dengan syarat: Segera infokan dalam waktu maksimal 2x24 jam setelah paket diterima. Mohon disertai foto produk yang mengalami gangguan dan video saat membuka paket mulai dari tampilan alamat dan fisik paket sebelum dibuka hingga isi barang tanpa putus. Kami akan bandingkan dengan barang-barang baru yang ada di kami dan jika memang produk tersebut tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya, maka kita akan lanjutkan proses retur / pengembalian. Barang yang akan di retur harus dalam kondisi mulus dan belum dipakai (tidak ada baret, penyok, sobek, dll seperti bekas dipakai). Setelah barang retur kami terima dan kami periksa, kami akan segera mengirimkan barang pengganti. Catatan: Kami tidak dapat menerima penukaran barang maupun retur barang jika kondisi barang mulus & sesuai pesanan. Mohon pastikan anda memilih barang yang tepat dan memberi keterangan yang jelas untuk ukuran / warna yang anda inginkan. Harga & Pembayaran 1. Kami berusaha untuk memastikan harga selalu diperbaharui, namun jika terjadi kesalahan kami berhak membatalkan transaksi dan mengembalikan dana konsumen. 2. Jika deskripsi / spesifikasi produk tidak sesuai dengan barang yg diterima, maka segera hubungi kami melalui Live Chat di website megah.co.id maupun melalui WhatsApp ke nomor 0821-2151-1010. Retur mungkin dilakukan jika barang masih mulus (tidak ada cacat dan kerusakan dari konsumen). 3. Kami tidak berkewajiban untuk memenuhi Pemesanan Pengguna jika harga yang tercantum di website ini tidak sesuai (Setelah Pemesanan Pengguna telah diakui atau diterima oleh kami). 4. Bukti pembayaran yang sah adalah yang tercantum di mutasi rekening kami. Kesalahan seperti saldo pembeli sudah terpotong tapi belum ada di mutasi rekening kami, silakan di cek ke pihak Bank terkait. 5. Kami dapat mengembalikan uang dan membatalkan transaksi jika ternyata produk tidak tersedia/habis. 6. Promo yang berlaku pada periode tertentu menjadi batal jika produk tidak tersedia/habis Sebagai contoh : Promo beli 10 gratis 1, ternyata stok hanya ada 8, maka promo tidak berlaku. atau contoh lain beli 5 dapet diskon 20%, dan stok hanya ada 4, maka diskon tidak berlaku walaupun 4 pcs tsb tetap dibeli konsumen. 7. Informasi yang diberikan pada website kami dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 8. Kami memerlukan KTP anda / pembeli untuk pembelian produk-produk tertentu. Kami berhak untuk menahan pengiriman barang jika KTP belum anda berikan (walaupun transaksi sudah anda bayar). 9. Semua risiko atas produk berpindah ke pembeli setelah produk kami berikan ke pihak ekspedisi. Kami tidak bertanggung jawab atas barang yang rusak atau hilang di perjalanan, jika barang rusak atau hilang, maka pembeli akan menyelesaikan masalah tersebut dengan pihak ekspedisi. Kami akan membantu pembeli dalam proses klaim kerusakan / kehilangan ke ekspedisi dengan prosedur sbb: Prosedur yang perlu dilakukan oleh konsumen saat menerima paket / kiriman barang Untuk kepentingan bersama, “MOHON REKAM VIDEO SAAT MEMBUKA PAKET MULAI DARI TAMPILAN ALAMAT DAN FISIK PAKET SEBELUM DIBUKA HINGGA ISI BARANG TANPA DIPUTUS” Rekaman ini akan menjadi bukti klaim apabila isi paket kurang / bukti ke ekspedisi bila paket rusak. 10. Kami selalu memastikan barang dalam kondisi baik sebelum dikirim. Kami (penjual) hanya membantu proses klaim dan yang mengganti kerugian adalah pihak EKSPEDISI. Tanpa rekaman video, maka kami TIDAK BISA BANTU KLAIM. Variasi Kami berhak untuk mengubah syarat dan ketentuan ini setiap waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna. Pengguna dianggap telah menyetujui seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat pemesanan dilakukan. Ketika pengguna melakukan pemesanan di website kami, pengguna setuju bahwa pengguna melakukannya secara sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun, serta tunduk kepada syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat tanggal pemesanan. Pengguna bertanggung jawab untuk membaca, memahami, serta mentaati syarat dan ketentuan yang terbaru setiap kali pengguna memesan kepada kami.
this is just a warning
Masuk